Hagia Sophia Today

July 24, 2020

Adakah yang lebih menggetarkan hati selain berita tentang dibukanya Hagia Sophia untuk shalat berjamaah selama hampir 86 tahun mangkrak dan dahsyatnya dihadiri oleh jutaan jamaah, bahkan dari berlahan dunia lain?

Almayda bangun, pas sekali Ayah selesai mandi dan bersiap santap pagi. Mmmm ga ada yang spesial si, selain ga drama nangis kejer aja. Alhamdulillah mau sedikit makan juga. Main-main sebentar, dan akhirnya tidur dari jam 10 sampai jam setengah 3 kali ya? wkwkw. Memang anak kalong dia, kalo pagi tidurnya ngalahin malem.

Aku diminta Ayah Mahe buat editin video adek ipar yang kena tilang buat dibikin lucu-lucuan. Jadi seharian waktuku abis buat begituan doank. Foto-foto pake kamera depan mac. Apalagi ya?

Mmmmm nothing special sih~ cuma pas after isya (lah langsung isya aja) Almayda mukbang soto sampe setangan-tangan masuk kedalem mulut wkwk emang anak ini entertain sekali.

Lanjut! Malemnya sembari nunggu Ayah Mahe telat pulang karena instalin laptop bu Seti, aku iseng buka twitter. Eh ngomong-ngomong sosmed, hari ini aku minim buka sosmed lho! Gara-gara tadi buka FB pake akun Ayah Maje nonton cuplikan film yang ngegantung, bikin emosi jiwa!!!!! rrr!! ngapain coba sih share film sampe hampir 1 jam tapi belum ending udah kelar?

Back to topic. Malam ini aku buka twitter dan menemukan Hagia Sophia jadi trending. Oia! hari ini hari jumat dan sudah dar jauh-jauh hari pemerintah Turki mengabarkan akan membuka kembali Masjid Hagia Sophia atau Ayasofya yang sudah ditutup kurang lebih 86 tahun sebagai museum. Untuk cerita kenapa ditutup, sejarahnya Hagiasophia jaman Kekaisaran ustmani dan Muhammad Al-Fatih gimana? bisa cari tau sendiri yaaa~ seru! (Khilafah tapi yaaa~ kalo alergi ga usah baca wkwk)

Yang mau aku soroti, Presiden Erdogan tidak hanya membeli dengan uang sendiri karpet 14.000 meter persegi yaaa tapi begitu fasihnya beliau saat membacakan Fatihah dan Al-Baqoroh sebelum adzan Jumat di- kumandangkan. Memang seharusnya begitulah Pemimpin Negara, sangat peduli dengan Ketuhanan. Apakabar dengan Indonesia? Yang pancasilanya saja kalo dimerger bukan Point “Ketuhanan YME” paling penting malah Gotong Royong diatas semuanya? wkwk.

Okelah! itu terlalu berat, yang enteng aja, berani ga presiden kita membacakan atau menjadi imam bacaan Jahr (keras) saat shalat? Jangan-jangan foto pencitraan jadi imam itu beraninya cuma dzuhur sama ashar doank? wkwk. Waduh, kalo itu bahaya sih. Basic banget harusnya Shalat dan Quran dalam hidupena itu bentuk pribadi kita memimpin diri dihadapan Robb kar. Kalo sampe 2 hal basic itu aja ga bisa, yaaaa . . .

Eh! ngomong-ngomong yang banyak tokoh dunia yang diundang untuk menghadiri acara ini, siapakah sosok wakil dari Indonesia? wkwk

Closing. Melihat pembebasan Asyafosya begitu banyak yang optimis bahwa pembebasan Al-Aqsopun bukan tak mungkin. Meski kita tau saat ini HANYA TURKI negara yang benar-benar BERANI untuk melawan israel dan BERJUANG memperjuangkan Palestine. Lalu, dimana peran kita? Padahal sudah dijanjikan bahwa kemenangan Islam bermula dari Timur?

Agaknya kita terlalu terlena dengan urusan BuzzerRp wkwk

Bagikan Postingan ini :

Leave a Reply:

Your email address will not be published. Required fields are marked *